Saturday, March 30, 2013

Pendahuluan "Proses Penjadwalan"


SISTEM OPERASI **






Nama Kelompok :



Aditya Setyawan                             10111246
Briliyan                                             11111540
Dede Kurniawan                             11111794
Immanuel Andrew                           13111550
Maisaroh                                           14111257
Pietrajaya Ramadhan                      15111528
Putri Afrilia                                        15111630


Kelas : 2KA20



Universitas Gunadarma
2013











PENDAHULUAN




A.  Latar Belakang

        Peningkatan kualitas pembelajaran merupakan tanggung jawab semua orang (mahasiswa), peningkatan kualitas ini penting karena dengan adanya kualitas akan meningkatkan daya saing. Sebagai bangsa yang besar, diperlukan usaha-usaha yang besar pula guna mereformasi semua lini pembangunan bangsa, terutama pendidikan. Pendidikan merupakan jalur penting setiap anak di Indonesia yang tentu saja mereka akan menjadi penerus bangsa ini.

      Beranjak dari hal di atas, kami mendapatkan tugas dalam membuat makalah tentang pembahasan materi “Penjadwalan Proses” secara berkelompok, dan tentu saja akan kami kerjakan dengan penuh tanggung jawab.

       Terdapat banyak algoritma penjadwalan, baik non-preemptive maupun preemptive. Pada penjadwalan non-preemptive, begitu proses diberi jatah waktu oleh pemroses, maka permroses tidak dapat mengambil proses lain untuk diproses sampai proses yang sedang dikerjakan selesai. Sebaliknya pada penjadwalan preemptive proses dapat disela dan diambil alih dengan proses lainnya, walaupun prosesnya belum selesai dikerjakan, dan menunggu jatah waktu untuk melanjutkan proses semula

       Pada masing-masing algoritma terdapat proses-proses yang berbeda-beda. Masing-masing proses membutuhkan suatu pemahaman yang baik, dan proses-proses tersebut sulit untuk dipahami dengan hanya dibaca atau dibayangkan tanpa melihat langsung gambaran dari penjadwalan proses yang dilakukan oleh system operasi tersebut.

B. Tujuan

      Makalah ini dibuat sebagai bahan tambahan dan referensi dalam pembelajaran mata kuliah Sistem Operasi “Penjadwalan Proses". Pembuatan makalah ini ditujukan untuk memenuhi tugas mata kuliah Sistem Operasi dalam penilaian presentasi kelompok.

C. Metode Pengumpulan Data

     Dalam penyusunan makalah ini, kami menggunakan metode pengumpulan materi yang bersumber dari buku referensi dan pencarian diwebsite yang menyediakan pokok bahasan Penjadwalan Proses.










REFERENSI

·        Sistem operasi/S.P. Hariningsih, S.T. Edisi pertama – Yogyakarta; penerbit graham ilmu 2003 (Bab III Hal 54)
·        Hariyanto, Bambang, “Sistem Operasi”, Bandung:Informatika, 1997 (Bab4)
https://docs.google.com/viewer?a=v&q=cache:ofuysjm5WRQJ:setio.staff.umm.ac.id/files/2010/04/Slide-7-Penjadwalan-Proses.ppt+jurnal+konsep+dasar+penjadwalan+proses&hl=en&pid=bl&srcid=ADGEEShpbEhMge4KH0FZaxf-VTlZlHGN4DiLeqN8rpbvrCJfmpnldl6qd7PLyh7VpnejbbReDc_XzzQDy0t1Va50J3N4HZNUaVEf_dETPX0-gqCXePW9cBWF8l1w4yFsIo_v58pQ3Wj9&sig=AHIEtbRIiBpuXL_HClFgdry-8J_TiNpyPA









0 comments:

Post a Comment