Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia, disingkat PSSI,
adalah organisasi induk yang bertugas mengatur kegiatan olahraga sepak bola di
Indonesia. PSSI berdiri pada tanggal 19 April 1930 dengan nama awal Persatuan
Sepak Raga Seluruh Indonesia. Ketua umum pertamanya adalah Ir. Soeratin
Sosrosoegondo.
PSSI bergabung dengan FIFA pada tahun 1952, kemudian
dengan AFC pada tahun 1954. Ketua Umum PSSI saat ini adalah La Nyalla Mahmud
Mattalitti.
PSSI ini memiliki beberapa akun sosial media yang cukup
dikelola dengan baik. Salah satu di antaranya yang paling aktif adalah akun
twitter dengan username @PSSI_FAI. Setelah ini akan dianalisa dan dibahas lebih
dalam mengenai akun tersebut.
Gambar 1. Profil Depan
Twitter @PSSI_FAI
Analisa akun twitter @PSSI_FAI :
1. Konten Tweet
Jika diamati konten/isi dari tweet @PSSI_FAI, dapat
dilihat bahwa konten yang berisi informasi penting untuk masyarakat
yang ingin mengetahui perkembangan sepak bola Indonesia. Selain itu juga
terdapat konten yang berisi balasan mention yang masuk dari masyarakat ke akun
twitter @PSSI_FAI.
Gambar 2. Konten Informasi
Gambar 3. Konten balasan
2. Keaktifan
Jika diamati dari keaktifan akun @PSSI_FAI mengupdate
tweet, maka akun ini dinilai merupakan akun yang aktif. Bisa dikatakan seperti
itu karena dalam seharinya paling tidak ada lebih dari 10 tweet yang telah
terupdate yang berisi baik hanya sekedar informasi penting untuk masyarakat
maupun balasan mention dari admin kepada masyarakat.
Gambar 4. Beberapa tweet dari @PSSI_FAI
3. Tanggapan Kasus
Dalam menanggapi kasus, akun @PSSI_FAI tidak secara langsung menanggapinya di twitter
melalui kicauannya. Namun, akun @PSSI_FAI membantu menyebarkan informasi
mengenai tanggapan kasus yang sumbernya langsung dari website PSSI dan disebar
melalui link seperti http://pssi.org/in/read/PSSI/PSSI-Sampaikan-Surat-FIFA-Tanpa-Kembali-Ditemui-Menpora-6814
Gambar 5. Tanggapan kasus
4. Respon Keluhan/Mention dari Masyarakat
Dalam menanggapi respon keluhan atau mention dari
masyarakat, akun @PSSI_FAI merupakan akun yang kurang responsif. Dapat
dikatakan seperti itu karena dalam membalas keluhan yang masuk hampir semua
hanya di Retweet..
Gambar 6. Respon dari masyarakat
Kesimpulan : Pada akun pemerintahan seperti ini
seharusnya dalam menanggapi komentar/keluhan dari pada masyarakat Indonesia
seharusnya mention yang masuk ke akun tersebut diharapkan untuk membalas setiap
mention tersebut tidak hanya Retweet saja.
Sumber :
0 comments:
Post a Comment